Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon di MAN 1 Aceh Barat Daya.

Mardhiah, 140208027 (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon di MAN 1 Aceh Barat Daya. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Penerapan Model Pembelajaran  Mind Mapping]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping)
Mardhiah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang  Penerapan Model Pembelajaran  Mind Mapping]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (492kB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuanuntuk: mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada materi hidrokarbon di MAN 1 Aceh Barat Daya.mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi Hidrokarbon di MAN 1 Aceh Barat Daya.Rancangan penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental(One Group Pre-test dan Post-test Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 1 Aceh Barat Daya, sedangkan sampelnya dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA1 yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data dengan pemberian soaltes yang berbentuk pilihan ganda (multiple choice) dan responsiswa. Data angket dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan hasil tes belajar siswa dianalisis dengan menggunakan ujian ormalitas, uji standar deviasi dan simpangan baku, serta uji t- pihak kanan. Hasil penelitianya itu: Respon siswa sangat tertarik terhadap model pembelajarn Mind Maping yang ditunjukkan oleh persentase 85% respon yang tergolong positif. berdasarkan taraf signifikansi α = 0,05, taraf kepercayaan 0,95 dan derajat kebebasan (dk) = 38 tabel distribusi frekuensi diperoleh t (0,95)(38) = 1,685. Karena hasil perhitungan diperoleh t hitung = 6,09 dan ttabel = 1,685 maka t hitung > t tabel H0di tolak dan Haditerima. Penelitian ini menyimpulkanbahwa respon siswa terhadap penerapanmodel pembelajaranMindMapping tergolong positif dan berpengaruhterhadaphasilbelajarsiswapadamaterihidrokarbon di MAN 1 Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing : 1.Dr. Ramli Abdullah, M.Pd 2.Anjar Purba Asmara, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping, Respon Siswa, dan Hasil Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mardhiah Ubaidin
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:00
Last Modified: 12 Apr 2019 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6544

Actions (login required)

View Item
View Item