Prosedur Perlindungan Konsumen Lembaga Keuangan pada OJK Provinsi Aceh

Rahmat Aulia, 140601016 (2017) Prosedur Perlindungan Konsumen Lembaga Keuangan pada OJK Provinsi Aceh. KKU thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Perlindungan Konsumen Lembaga Keuangan)
Rahmat Aulia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Perlindungan Konsumen Lembaga Keuangan)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (580kB) | Preview

Abstract

OJK Provinsi Aceh yang terletak di jalan Prof. Ali Hasyimi Kec. Ulee Kareng merupakan Kantor Cabang yang berada di bawah Kantor Regional 5 Sumatera Utara. OJK Provinsi Aceh secara resmi mulai beroperasi pada 6 Januari 2014. Selama melakukan kerja praktik pada OJK Provinsi Aceh penulis ditempatkan pada bagian yang berbeda-beda, seperti bagian pengawasan bank, bagian pengawasan IKNB dan pasar modal, dan bagian edukasi dan perlindungan konsumen. Selama di bagian tersebut penulis banyak melakukan kegiatan-kegiatan seperti mengarsip berkas laporan outside bank umum dan BPR/S pada bagian pengawasan bank, mengarsip berkas laporan outside IKNB dan pasar modal pada bagian IKNB dan pasar modal, dan menerima berkas pengaduan konsumen pada bagian edukasi dan perlindungan konsumen. Dalam penulisan Laporan Kerja Praktik ini, penulis telah melakukan observasi dan wawancar dengan karyawan OJK Provinsi Aceh dan tinjauan kepustakaan. Adapun tujuan dari penulisan Laporan Kerja Praktik ini adalah untuk mengetahui prosedur perlindungan konsumen dan mekanisme penyelesaian pengaduan pada OJK Provinsi Aceh. Berdasarkan hasil yang penulis dapatkan selama kerja praktik dapatkan selama kerja praktik, bahwa perlindungan merupakan perangkat hukum yang diciptakan untuk melindungi dan terpenuhinya hak konsumen. Perlindungan ini diberikan melalui edukasi dan pengaduan yang dilakukan konsumen dengan membawa surat keterangan bahwa sebelumnya telah melakukan pengaduan ke industri keuangan terkait. Pelaksanaan perlindungan konsumen telah sesuai dengan teori dan ketentuan perundang-undangan. Adapun saran kepada OJK Provinsi Aceh agar petugas edukasi dan perlindungan konsumen dapat ditambah supaya perlindungan kepada konsumen lebih maksimal.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nazaruddin, A. Wahid, MA 2. Muhammad Arifin, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan, Konsumen, Keuangan, OJK
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Rahmat Aulia
Date Deposited: 18 Feb 2019 10:21
Last Modified: 18 Feb 2019 10:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6548

Actions (login required)

View Item View Item
TOP