Penerapan Metode Sosiodrama dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Salahuddin AlAyyubi di MTsSLama Inong Kecamatan Kuala Batee

Wiji Lestari, 140201083 (2018) Penerapan Metode Sosiodrama dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Salahuddin AlAyyubi di MTsSLama Inong Kecamatan Kuala Batee. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Metode Sosiodrama]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Metode Sosiodrama)
Wiji Lestari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Metode Sosiodrama]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Metode Sosiodrama)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran adalah alat untuk menciptakan proses belajar mengajar.Dengan adanya guru menggunakan metode dalam pembelajaran maka suatu pembelajaran akan menyenangkan.Metode sosiodrama adalah sebuah metode pembelajaran yang melibatkan interaksi antara dua peserta didik atau lebih tentang suatu topik dimana peserta didik memainkan peran dan mendramatisasikan tingkah laku sesuai dengan tokoh yang mereka lakoni. Dalam metode ini, peserta didik diajak untuk mengeksplorasikan dirinya serta mengembangkan kreatifitas berfikir, berkomunikasi, bersosioalisasi dengan orang lain melalui sebuah peran yang dimainkanya, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didikpada mata pelajaran SKI di MTsS Lamainong Kecamatan Kuala Batee. Bagaimana peningkatan prestasi belajar peserta didik setelah penerapan metode sosiodrama pada pelajaran SKI di MTsS Lamainong Kecamatan Kuala Batee. Rancangan penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan Kelasyang meliputi dua tahap, yaitu siklus pertama dan siklus ke 2.Peserta didik bisa menjawab soal post test pada siklus 1 dengan rata-rata 64,65, sedangkan pada siklus ke 2 terus mengalami peningkatan rata-ra 90,66. dengan demikian terlihat jelas bahwa metode sosiodrama dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTsS Lama Inong kecamatan Kuala Batee

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Muslim Razali SH. M. Ag 2. Abdul Haris Hasmar, S. Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Sosiodrama, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wiji Lestari
Date Deposited: 20 Feb 2019 02:12
Last Modified: 20 Feb 2019 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6555

Actions (login required)

View Item
View Item