Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid di MAN 1 Aceh Tenggara

Lola Puspita Sari, 140208003 (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid di MAN 1 Aceh Tenggara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament]
Preview
Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament)
Lola Puspita Sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament]
Preview
Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (494kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada siswa MAN 1 Aceh Tenggara dimana siswa masih kesulitan dalam memahami pelajaran kimia terutama pada materi sistem koloid. Hal ini disebabkan oleh persiapan materi di sekolah masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, mencatat, dan mengerjakan soal latihan. Dan di tandai juga dari hasil belajar siswa yang masih rendah terutama di materi sistem koloid. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui Pengaruh model Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koloid di MAN 1 Aceh Tenggara. (2) mengetahui respon siswa melalui penerapan model pembelajaran TGT pada materi sistem koloid di MAN 1 Aceh Tenggara. Penelitian ini dilaksanakan dengan Pre-experimental One Group Pre-test dan Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 1 Aceh Tenggara, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA3 yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pemberian soal pretest dan postest. Dari hasil penelitian hasil analisis uji normalitas diperoleh signifikan pretest 0,604 > 0,05 dan nilai signifikan postest 0,582 > 0,05 data pretest dan postest berasal dari data distribusi normal. Hasil analisis data pada uji homogenitas antara pretest dan posttest diperoleh nilai signifikan uji homogenitas varians (sig) adalah 0,360 > 0,05 data memiliki varian yang sama (homogen). Uji t paired di peroleh nilai Sig. (2 tailed) adalah 0,000 < 0,05 bahwa terdapat pengaruh penggunaan model TGT terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid di kelas XI MIA3 MAN 1 Aceh Tenggara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Muammar Yulian, M.Si 2.Safrijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran, Team Games Tournament, Respon Siswa, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Lola Puspita Sari
Date Deposited: 22 Feb 2019 09:21
Last Modified: 22 Feb 2019 09:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6570

Actions (login required)

View Item
View Item