Manajemen Pelayanan Publik ( Studi Pelayanan Publik pada Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Raniry Banda Aceh)

Aplaida, 140802033 (2018) Manajemen Pelayanan Publik ( Studi Pelayanan Publik pada Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Raniry Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Manajemen Pelayanan Publik)
Aplaida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Manajemen Pelayanan Publik)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (408kB) | Preview

Abstract

Manajemen pelayanan publik pada Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan memberikan pelayanan berupa pembuatan surat-surat, kartu rencana studi, jadwal perkuliahan, ujian, transkip nilai, kartu hasil studi, ijazah dan legalisir. Pelaksanaan tersebut bertujuan agar segala kegiatan perkuliahan berlangsung dengan baik dan benar. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat permasalahan sub akademik yaitu pengurusan kartu rencana studi mahasiswa harus mengisi ulang kembali kartu rencana studi sesuai dengan arahan dan perubahan yang telah ditentukan oleh sub bagian akademik dan kemahasiswaan, sering terjadi pergantian absensi, ketidak hadiran dosen, serta belum optimalnya ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pelayanan publik (studi pelayanan publik pada sub bagian akademik dan kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada delapan tindakan-tindakan manajemen sub bagian akademik dan kemahasiswaan dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pengorganisasian (organizing), (3) penyusunan prosonil (staffing), (4) pengarahan (directing), (5) pengkoordinasian (coordinating), (6) pelaporan (reporting), (7) pembiayaan (budgeting) dan (8) penilaian (assessment). Tindakan-tindakan manajemen tersebut belum sepenuhnya berjalan dengan efektif dan efesien. Hal ini dikarenakan sering terjadi pergantian absensi dan perubahan kartu rencana studi, masih kekurangan ruangan kelas, dan kursi. Dalam pemberian pelayanan terdapat peluang yang bersifat internal dan eksternal yaitu penerapan teknologi yang memudahkan mahasiswa mengisi kartu tanda studi dan memeriksa nilai secara online, serta peminat jurusan semakin meningkat tiap tahunnya. Sedangkan tantangan yang bersifat internal dan eksternal yaitu fasilitas masih kurang, serta sumber daya manusia masih kurang seperti dosen tetap. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan UIN Ar-Raniry
belum optimalnya ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Mahmuddin, M.Si 2. Dian Rubiyanti, SE.Ak, M.P.A
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelayanan Publik, Akademik dan Kemahasiswaan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.382 Administrasi Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Aplaida .
Date Deposited: 22 Feb 2019 09:15
Last Modified: 22 Feb 2019 09:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6576

Actions (login required)

View Item View Item
TOP