Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Tipe Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Sub Materi Sel Kelas VII di SMPs Ummul Ayman Samalanga

Mirna Zulmaidar, 140207140 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Tipe Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Sub Materi Sel Kelas VII di SMPs Ummul Ayman Samalanga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Mirna Zulmaidar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (964kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi di SMPs Ummul Ayman Samalanga masih tergolong rendah, penyebabnya diantaranya yaitu kurangnya pengembangan tentang kemampuan berpikir kritis pada siswa, sarana dan prasaran yang masih kurang seperti mikroskop, sehingga membuat pemahaman siswa pada sub materi sel rendah dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMPs Ummul Ayman Samalanga dengan penerapan model pembelajaran Inquiri tipe Pictorial Riddle pada sub materi sel. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Pre Eksperimen dengan bentuk desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPs Ummul Ayman Samalanga, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VII11 yang terdiri dari 27 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan tes. Hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa di SMPs Ummul Ayman termasuk kategori baik. Hal ini terlihat pada persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada pertemuan pertama yaitu 83% dan pada pertemuan kedua 88,4% dengan kategori baik. Berdasarkan uji hipotesis hasil belajar maka terjadi peningkatan hasil belajar pada kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (thitung = 6,938 ≥ ttabel = 1,706) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Peningkatan dari nilai rata-rata pretest yaitu 52,81 nilai rata-rata posttest yaitu 68,70, rata-rata gain sebesar 15,89, dan N-Gain yaitu 0,32 termasuk kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiri tipe Pictorial Riddle pada kemampuan berpikir kritis tergolong baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi sel di kelas VII SMPs Ummul Ayman Samalanga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Muslich Hidayat, M.Si; 2. Nafisah Hanim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Mirna Zul Maidar
Date Deposited: 20 Feb 2019 03:27
Last Modified: 20 Feb 2019 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6582

Actions (login required)

View Item
View Item