Penerapan Concept Mapping sebagai Assessment Formatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Meteri Fluida Statik di SMAN 1 Samalanga

Intan Meutia, 140204149 (2018) Penerapan Concept Mapping sebagai Assessment Formatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Meteri Fluida Statik di SMAN 1 Samalanga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Hasil Belajar Siswa)
Intan Meutia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Hasil Belajar Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (944kB) | Preview

Abstract

Penerapan Assessment Formatif dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui concept mapping. Alat evaluasi ini digunakan untuk mengetahui struktur kognitif peserta didik karena dapat menggambarkan pemahaman peserta didik setelah pembelajaran. Judul penelitian ini adalah penerapan concept mapping sebagai assessment formatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada meteri fluida statis di SMAN 1 Samalanga. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan concept mapping sebagai assessment formatif dapat meningkatkan hasil belajar pada materi fluida statik di SMAN 1 Samalanga. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang melibatkan kelas kontrol (XI IPA1) dan kelas eksperimen (XI IPA2). Data dikumpulkan melalui soal tes. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa setelah diberikan concept mapping sebagai assessment formatif di dapat yaitu 2,80 > 1,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan concept mapping sebagai assessment formatif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Bukhari, S.Si., M.T; 2. Rusydi, S.T., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Hasil Belajar, Fluida Statik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Intan Meutia
Date Deposited: 20 Feb 2019 03:33
Last Modified: 20 Feb 2019 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6584

Actions (login required)

View Item View Item
TOP