Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV MIN 25 Aceh Besar

Mahyana, 140209028 (2018) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Problem Based Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Model Problem Based Learning)
Mahyana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Problem Based Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Model Problem Based Learning)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuikemampuan berpikir kritis siswa dan bagaimana respon belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di MIN 25 Aceh Besar. Rancangan pada penelitian ini menggunakanPre Eksperimental Desingdengan Designpenelitian One Group Pre-Tes Post-Tes Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV MIN 25 Aceh Besar yang terdiri dari 4 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian adalah kelas IVA. Data kemampuan berpikir kritis siswa di analisis menggunakan rumus uji statistik t-tes pada taraf signifikan 0,05 sedangkan data respon belajar siswa di analisis menggunakan presentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model Problem Based Learning pada tema selalu berhamat energi kelas IV MIN 25 Aceh Besar mengalami peningkatan dengan nilai pre-tes 16,85 dan nilai post-tes 77,40. Hasil uji-t menunjukkan thitung = 22,76, dengan d.b 26 diperoleh ttabel = 1,70. Hasil ini menunujukkan thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tema selalu berhemat energi kelas IV dengan penerapan model Problem Based Learning (Ha diterima). Dan respon belajar siswa dengan nilai rata-rata 84 termasuk kedalam kategori sangat Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Misbahul Jannah, M. Pd, Ph. D 2. Wati Oviana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis, respon belajar siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mahyana Fitra
Date Deposited: 22 Feb 2019 07:49
Last Modified: 22 Feb 2019 07:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6585

Actions (login required)

View Item
View Item