Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 2 Sigli

Siti Zuhra, 140208093 (2019) Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 2 Sigli. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran Kooperatif]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran Kooperatif)
Siti Zuhra.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini bahwa masih banyak peserta didik yang masih sulit memahami materi kimia khususnya materi ikatan kimia, untuk mengatasi masalah pembelajaran kimia tersebut digunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Materi Ikatan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Sigli dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan Model Pembelajaran Kimia pada Materi Ikatan Kimia dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write di SMA Negeri 2 Sigli. Penelitian ini dirancang dengan desain penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperimen Design, dengan menggunakan satu kelas eksperimen (perlakuan) dan satu kelas kontrol (tanpa perlakuan), untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol maka digunakan pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dengan menggunakan uji-t (t-test) pada taraf nilai signifikan α = 0,05 menggunakan program SPSS Versi 22.0 diperoleh hasil yakni nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write efektif terhadap hasil belajar siswa pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 2 Sigli. Persentase respon siswa pada pilihan ya adalah 80,94% yang menyatakan siswa tertarik terhadap penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Ir. Amna Emda, M.Pd 2.Rusydi, ST. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Think Talk Write, Hasil Belajar, Ikatan Kimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Siti Zuhra
Date Deposited: 20 Feb 2019 09:18
Last Modified: 20 Feb 2019 09:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6597

Actions (login required)

View Item
View Item