Penerapan Model Mind Mapping Dengan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 11 Banda Aceh.

Dina Lestari, 140209066 (2019) Penerapan Model Mind Mapping Dengan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Mind Mapping]
Preview
Text (Membahas tentang Model Mind Mapping)
Dina Lestari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Terdapat sebagian besar siswa kelas IV belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan MIN 11 Banda Aceh yaitu 76. Oleh karena itu, perlu adanya pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model mind mapping dengan media power point agar hasil belajar tercapai sesuai yang diinginkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model mind mapping dengan media power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 11 Banda Aceh, 2). Bagaimana aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model mind mapping dengan media power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 11 Banda Aceh, 3). Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MIN 11 Banda Aceh dengan menerapkan model mind mapping dengan media power point. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model mind mapping dengan media power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 11 Banda Aceh, 2). Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model mind mapping dengan media power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 11 Banda Aceh, 3). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan model mind mapping dengan media power point kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 11 Banda Aceh yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan siswa) dan lembar tes (soal pree test dan post test). Analisis aktivitas guru menggunakan rumus persentase. Aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori baik 75%, meningkat pada siklus II menjadi kategori baik sekali 92,5%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori baik 85%. Meningkat pada siklus II menjadi kategori baik sekali 93,3%. Hasil belajar siswa pada siklus I 80% berada pada kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 97,14% berada pada kategori baik sekali dan mencapai nilai ketuntasan klasikal yang ditentukan yaitu 80%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model mind mapping dnegan media power point.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. H. Ridwan M. Daud, M. Ed 2.Hafidh Maksum, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Model Min Mapping, Media Power Point
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dina Lestari
Date Deposited: 20 Feb 2019 09:22
Last Modified: 20 Feb 2019 09:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6600

Actions (login required)

View Item
View Item