Strategi Komunikasi Lembaga Pemasyarakatan dalam Merehabilitasi Pengguna Narkoba (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banda Aceh)

Alkausar, 411106215 (2017) Strategi Komunikasi Lembaga Pemasyarakatan dalam Merehabilitasi Pengguna Narkoba (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Komunikasi)
Alkausar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Strategi Komunikasi Lembaga Pemasyarakatan dalam Merehabilitasi Pengguna Narkoba (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banda Aceh). Latar belakang penelitian ini adanya fenomena dalam masyarakat, narapidana yang telah keluar dari Lembaga Pemasyarakatan akan tetapi masuk lagi karena melakukan kesalahan yang sama kembali. Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banda Aceh dalam merehab pengguna narkoba. Selain itu, juga untuk mengetahui bentuk-bentuk komunikasi yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banda Aceh terhadap napi narkoba serta hasil komunikasi yang dilakukan petugas Lembaga Pemasyarakatan dalam merehab pengguna narkoba. Penulis menggunakan teori interaksi simbolik dan teori penetrasi sosial. Metode yang digunakan penulis dalam mencari data yang diperlukan adalah metode deskriptif analisis melalui pendekatan kualitatif, yaitu dengan cara melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi komunikasi Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banda Aceh dalam merehabilitasi pengguna narkoba menggunakan dua cara, perencanaan strategi dan implementasi strategi. Implementasi strategi dilakukan dengan program seminar, penyuluhan, morning meeting, konseling kelompok dan pembinaan keagamaan serta pembinaan fisik. Bentuk komunikasi yang dilakukan berupa komunikasi antarpribadi, persuasif dan komunikasi kelompok. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh pihak Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banda Aceh mampu membuat para napi ini percaya diri terhadap kemampuan sendiri. Diantaranya keberhasilan para napi adalah adanya mantan napi narkoba yang telah direhab di Lapas ini menjadi konselor (Adict) dan ditugaskan di Lapas ini juga. Selain itu, para napi memahami pesan yang disampaikan oleh petugas Lapas sehingga membuat para napi berani untuk berbicara mengungkap perasaan di hadapan para napi lain. Kemudian ada diantara napi yang menjadi pengisi acara pengajian di Lapas Kelas II A Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Jasafat, M.A 2.Taufik, SE.Ak., M.Ed
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Narkoba, Rehabilitasi,Kasus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 13 Sep 2017 09:04
Last Modified: 13 Sep 2017 09:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item
TOP