Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Partner Switch Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 1 Bakongan Timur

Nurlita, 140205142 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Partner Switch Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 1 Bakongan Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Partner Switch]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Partner Switch)
Nurlita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Partner Switch]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Partner Switch)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (831kB) | Preview

Abstract

Menurut NCTM kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Salah satu model pembelajaran yang dapat menyelesaikan permasalahan matematika adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Partner Switch. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika setelah diterapkan model Kooperatif Tipe Partner Switch dan (2) perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diterapkan model Kooperatif Tipe Partner Switch dengan yang diterapkan model pembelajaran konvensional pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperiment dengan desain pretestpostest. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini secara random sampling. Berdasarkan hasil analisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh thitung = 4,55 dan ttabel =1,73 berarti H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif Tipe Partner Switch dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh thitung = 3,07 dan ttabel =1,68 berarti H1 terima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model Kooperatif Tipe Partner Switch lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. M. Duskri, M.Kes 2. Cut Intan Salasiyah S.Ag. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Partner Switch, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurlita .
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:19
Last Modified: 12 Apr 2019 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6617

Actions (login required)

View Item
View Item