Penerapan Model Pembelajaran Reading Guide dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan pada Siswa Kelas IV MIN 1 Banda Aceh

Yolanda Nisla Rizky Pratiwi Hsb, 140209101 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Reading Guide dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan pada Siswa Kelas IV MIN 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Reading Guide)
Yolanda Nisla Rizky Pratiwi HSB.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Reading Guide)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Reading Guide dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Siswa Kelas IV MIN 1 Banda Aceh”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran reading guide dalam meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas IV MIN 1 Banda Aceh. (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam proses pembelajaran melalui model pembelajaran reading guide dalam meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas IV MIN 1 Banda Aceh. (3) Bagaimana peningkatan kemampuan memahami isi bacaan menggunakan model pembelajaran reading guide pada siswa kelas IV MIN 1 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas IV MIN 1 Banda Aceh, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model reading guide dalam memahami isi bacaan siswa kelas IV MIN 1 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVD MIN 1 Banda Aceh yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi guru dan siswa, serta tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor rata-rata dalam rumus persentase. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I sudah mencapai kategori baik dengan nilai 80%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 96% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus satu mencapai kategori baik dengan nilai 79% dan siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 94% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I, hanya 23 siswa yang tuntas dengan nilai 62,16% dan tidak tuntas 14 siswa. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan, 34 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai 91,89% dan tidak tuntas 3 siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reading Guide dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas IVD MIN 1 Banda Aceh pada Tema Pahlawanku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Mujiburrahman, M.Ag 2. Yuni Setia Ningsi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Reading Guide, Kemampuan Memahami Isi Bacaan, siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yolanda .
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:15
Last Modified: 12 Apr 2019 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6629

Actions (login required)

View Item View Item
TOP