Evaluasi Tingkat Pemanfaatan E-book Oleh Dosen Prodi Teknik Kimia Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala

Abul Hada, 531202858 (2019) Evaluasi Tingkat Pemanfaatan E-book Oleh Dosen Prodi Teknik Kimia Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Tingkat Pemanfaatan E-book)
PDF Keseluruhan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Tingkat Pemanfaatan E-book)
form-B D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (662kB) | Preview

Abstract

Perubahan teknologi dalam ranah pendidikan dapat dilihat dari Evaluasi Tingkat Pemanfaatan E-book Oleh Dosen Prodi Teknik Kimia Dalam Kegiatan Pembelajaran di Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Berkembang pesatnya buku elektronik untuk mengganti buku-buku yang sebelumnya bersifat manual, buku-buku yang dulunya dicetak dengan kertas, namun sekarang sudah banyak dialih mediakan menjadi sebuah buku elektronik atau yang kita kenal dangan e-book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan e-book oleh dosen prodi teknik kimia Unsyiah dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dan subjek penelitian ini berjumlah 5 orang dosen prodi Teknik Kimia Unsyiah. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi dan pedoman wawancara. Dari hasil observasi yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata dalam pemanfaatan e-book oleh dosen prodi Teknik Kimia Unsyiah dalam kegiatan pembelajaran sebesar 70 atau berkriteria baik. Sedangkan hasil wawancara menunjukan bahwa para dosen lebih memilih e-book jenis PDF dan JPEG, akan tetapi lebih dominan menggunakan jenis PDF. E-book dapat diakses dengan masuk ke halaman google, kemudian mengetik kata kunci pada mesin pencari halaman google, selanjutnya mengklik referensi yang diinginkan, maka file tersebut akan terunduh, atau cara lainnya adalah dengan menulis link yang ingin diunduh pada bagian taskbar agar halaman google langsung mengarahkan pada referensi yang dituju. Pada penggunaan e-book, para dosen juga tetap memberikan pengarahan kepada mahasiswanya mengenai link atau sumber bahan pembelajaran yang harus diunduh, kemudian secara bersama-sama mereka akan membahas isi materi link tersebut pada kelas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Muhammad Nasir, M.Hum 2. Nurahayati Ali Hasan, M.LIS
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Abul Hada
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:45
Last Modified: 12 Apr 2019 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6680

Actions (login required)

View Item View Item
TOP