Peningktan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Model Sains Teknologi Masyarakat di Kelas V MIN 25 Aceh Besar

Rosmidar, 140209016 (2019) Peningktan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Model Sains Teknologi Masyarakat di Kelas V MIN 25 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Model Sains Teknologi Masyarakat (STM)]
Preview
Text (Membahas tentang Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Model Sains Teknologi Masyarakat (STM))
SKRIPSI FULL-ROSMIDAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D - ROSMIDAR.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D - ROSMIDAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (777kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu kurangnya aktivitas belajar siswa dan belum tercapainya hasil belajar siswa yang sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru melalui penerapan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) di kelas V MIN 25 Aceh Besar (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa melalui penerapan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) di kelas V MIN 25 Aceh Besar (3) Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) di kelas V MIN 25 Aceh Besar. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A MIN 25 Aceh Besar yang berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model Sains Teknologi masyarakat (STM). Tes yang digunakan berbentuk soal essay yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Data dianalisis dengan rumus persentase dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I sudah mencapai kategori baik yaitu 65,38% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,38% dengan kategori sangat baik (2) Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori baik 71,42% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,85% dengan kategori sangat baik (3) Hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata pre-test sebesar 43,91, sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 67,11. Sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 72,83, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 89,83. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model Sains Teknologi Masyarakat (STM) di kelas V MIN 25 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Ridhwan M. Daud, M.Ed. 2. Al Juhra, S.Sos.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Sains Teknologi Masyrakat (STM)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rosmidar Mida
Date Deposited: 05 Apr 2019 09:08
Last Modified: 05 Apr 2019 09:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6695

Actions (login required)

View Item
View Item