Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pencapaian Kompetensi Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) Menggunakan Software GNS3 (Studi Kasus Siswa Kelas XI (TKJ) SMKN 2 Banda Aceh)

Desi Kurnia Nurilahi, 140212025 (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pencapaian Kompetensi Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) Menggunakan Software GNS3 (Studi Kasus Siswa Kelas XI (TKJ) SMKN 2 Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mambahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mambahas tentang Model Pembelajaran)
Skripsi.Desi Kurnia Nurilahi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran problem based learning dalam upaya pencapaian kompetensi teknologi jaringan berbasis luas (WAN). Untuk mengetahui bahwa software GNS3 merupakan media yang tepat dalam pembelajaran pembuatan topologi jaringan WAN. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan pre-eksperimen. Subjek penelitian adalah teknik komputer dan jaringan (TKJ) SMKN 2 Banda Aceh sebanyak 49 siswa(i). Desain penelitian menggunakan intact-group comparison. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen angket. Analisi data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning lebih efektif dalam pencapaian kompetensi teknologi jaaringan berbasis luas (WAN). Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 84,4 sedangkan kelompok kontrol adalah 69,2. Kemudian software GNS3 merupakan media pembelajaran yang snagat efektif dan dapat memudahkan siswa dalam belajar teknologi jaringan berbasis luas (WAN). Hal ini ditunjukkan dari persentase respon positif lebih banyak yaitu 89,6% dan persentase respon negatif sebanyak 10,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Chairan M, Nur, M.Ag 2. Hendri Ahmadian, S.Si., M.I.M
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Problem based learning, Media pembelajaran software GNS3, pencapaian kompetensi WAN.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Desi Kurnia Nurilahi
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:29
Last Modified: 12 Apr 2019 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6709

Actions (login required)

View Item
View Item