Upaya Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Materi Bangun Segiempat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divison (STAD) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nisam Antara Aceh Utara

Abdul Kadir, 260717047 (2007) Upaya Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Materi Bangun Segiempat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divison (STAD) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nisam Antara Aceh Utara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang upaya meningkatkan ketuntasan hasil belajar)
Abdul Kadir.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Membahas tentang upaya meningkatkan ketuntasan hasil belajar)
Form B dan D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (106kB)

Abstract

Anggapan siswa selama ini bahwa matematika merupakan pelajaran yang dianggap sukar
oleh sebagian siswa, karena penyajian materi matematika masih berpusat pada guru dan
aktivitas yang membantu siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri juga masih
kurang. Akibatnya ketuntasan hasil belajar siswa masih jauh dari yang diharapkan.
Berdasarkan hal tersebut guru dapat menjadikan salah satu model pembelajaran yaitu model
kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) sebagai salah satu alternatif
penyelesaian masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil
belajar siswa, aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon
siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang yang digunakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan komponen yang terdiri dari perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VII-2
SMPN 1 Nisam Antara yang terdiri dari 24 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan lembar observasi kemampuan guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar
tes hasil belajar, serta angket respon siswa, dan wawancara. Data dianalisis dengan metode
deskriptif statistik. Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus. Pada siklus I, hasil belajar
siswa belum tuntas. Pada siklus II, hasil belajar masih belum tuntas tetapi sudah ada
peningkatan dari siklus I. Pada siklus III hasil belajar siswa sudah tercapai ketuntasannya.
Berdasarkan hasil analisis data kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berkategori
sangat baik, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran berkategori efektif, respon siswa
terhadap model pembelajaran STAD sangat positif, dan hasil belajar siswa secara klasikal
tuntas dengan persentase 87,5%. Hasil analisis data ini menunjukkan bahwa upaya
meningkatkan ketuntasan hasil belajar materi bagun segiempat melalui model pembelajaran
kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Nisam Antara Aceh Utara mencapai ketuntasan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keguruan, Pembelajaran, Bangun Segiempat
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Abdul Kadir
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:08
Last Modified: 04 Apr 2019 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6716

Available Versions of this Item

  • Upaya Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Materi Bangun Segiempat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divison (STAD) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nisam Antara Aceh Utara. (deposited 04 Apr 2019 04:08) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item
TOP