Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write pada Materi Sistem Gerak di SMP Negeri 4 Teupah Barat

Hidayana, 281324844 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write pada Materi Sistem Gerak di SMP Negeri 4 Teupah Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Hidayana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMPN 4 Teupah Barat masih belum maksimal dlam menggunakan model-model pembelajaran. Selama proses pemebelajaran berlangsung, siswa terlihat kurang aktif dalam berdiskusi, bertanya, dan menjawab pertanyaan dari guru. Menurut siswa pelajaran Sains adalah pembelajaran yang membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di SMPN 4 Teupah Barat pada materi sistem gerak. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekspriment. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII1. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes. Analisis data aktivitas siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan peningkatan hasil belajar menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil aktivitas siswa tergolong sangat aktif pada pertemuan pertama 78,1%, dan pertemuan kedua 88%.Berdasarkan data hasil perhitungan uji statistik diperoleh nilai thitung = 25,95 harga t dengan taraf signifikan α = 0,05 sedangkan ttabel = 1,71714 sehingga thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write Pada Materi Sistem gerak di SMPN 4 Teupah Barat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Zuraidah, M.Si; 2. Nurasiah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Sistem Peredaran Gerak
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Hidayana Hidayana
Date Deposited: 05 Apr 2019 03:42
Last Modified: 05 Apr 2019 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6717

Actions (login required)

View Item
View Item