Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Amalia Putri, 140205033 (2019) Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (membahas tentang model pembelajaran)
SKRIPSI AMALIA PUTRI (140205033).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB) | Preview
[img]
Preview
Text (membahas tentang model pembelajaran)
FORM B DAN D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (201kB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis matematis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematis maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Namun berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis pada siswa SMPN 2 Seunagan di dapat bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran NHT. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang diterapkan model pembelajaran NHT dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional. 2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan penerapan model pembelajaran NHT pada materi SPLDV. 3) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran NHT pada materi SPLDV. Rancangan penelitian adalah Eksperimen dengan model rancangan control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Seunagan, dan sampel diambil secara Random Sampling yaitu kelas VIII2 sebagai kelas Eksperimen dan VIII1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan bepikir kritis, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi aktivitas guru. Analisis data menggunakan statistik uji-t dilakukan melalui uji normalitas data, uji homongenitas varians dan deskriptif. Sedangkan aktivitas siswa dan aktifitas guru dilakukan melalui analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa yang diterapkan model pembelajaran NHT lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional, di mana atau 2,44 > 1,69, maka tolak sehingga diterima . 2) Analisis aktivitas Siswa selama proses pembelajaran adalah kategori baik sesuai dengan lokasi waktu yang termuat dalam rencana pembelajaran dengan toleransi 5%. 3) Presentase kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada RPP I, II, dan III termasuk dalam kategori sangat baik dan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1. Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd 2. Susanti, S. Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, Numbered Head Together (NHT)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Amalia Putri Putri
Date Deposited: 12 Apr 2019 04:02
Last Modified: 12 Apr 2019 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6736

Actions (login required)

View Item View Item
TOP