Keefektifan Model Pembelajaran Discovery Learning melalui Media Origami pada Materi Geometri Molekul terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 4 Aceh Besar

Muliono Saragih, 140208036 (2018) Keefektifan Model Pembelajaran Discovery Learning melalui Media Origami pada Materi Geometri Molekul terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Discovery Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Discovery Learning)
Muliono Saragih.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Discovery Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Discovery Learning)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Materi geometri molekul merupakan materi yang mengharapkan siswa dapat meramalkan bentuk-bentuk molekul dengan berpikir secara imajinatif. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning melalui media origami, model tersebut sesuai dengan materi geometri molekul dimana guru membimbing siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Penggunaan media origami dengan cara melipat dan membentuk kertas berpola dapat membantu siswa dalam mengingat bentuk geometri molekul secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran discovery learning melalui media origami pada materi geometri molekul dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model discovery learning dan media origami. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berupa pre- eksperiment dengan desain one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Hasil analisis data N-Gain kelas eksperimen 0,76. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning melalui media origami pada materi geometri molekul sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Hasil persentase respon siswa yaitu 97% mengindikasikan bahwa siswa sangat tertarik belajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning melalui media origami pada materi geometri molekul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Muammar Yulian, M.Si 2. Safrijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Media Pembelajaran Origami, Geometri Molekul
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muliono Saragih
Date Deposited: 05 Apr 2019 08:59
Last Modified: 05 Apr 2019 08:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6762

Actions (login required)

View Item
View Item