Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie

Nila Hurnita, 140204083 (2019) Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar]
Preview
Text (Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar)
PDF NILA HURNITA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN FORM D.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan alat peraga pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke sebagai solusi dari rendahnya hasil belajar dan aktivitas peserta didik di SMAN 1 Sakti, akibat keterbatasan alat laboratorium dan teacher centered. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan kelas XI MIPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA2 sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data berupa tes soal dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan N-gain kelas eksperimen rata-rata mengalami peningkatan sebesar 0,79 termasuk kategori tinggi dan kelas kontrol rata-rata mengalami peningkatan sebesar 0,65 termasuk kategori rendah. Hasil uji-t diperoleht_hitung>t_(tabel )yaitu 8,28>1,67 pada taraf signifikan α=0,05 maka hipotesis H_a diterima. Terdapat peningkatan signifikan dari rata-rata hasil belajar kelas yang diterapkan model PjBL berbantuan alat peraga sebesar 80,08 dankelas yang diterapkan model konvensional sebesar 59,15. Aktivitas pendidik dan peserta didik berjalan dengan baik setiap pertemuan. Oleh sebab itu, penerapan model PjBL berbantuan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Yusran, M.Pd 2. Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), Alat Peraga, Hasil Belajar, Elastisitas dan Hukum Hooke.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nila Hurnita Nila
Date Deposited: 05 Apr 2019 09:03
Last Modified: 05 Apr 2019 09:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6774

Actions (login required)

View Item
View Item