Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Menjemur Angka pada Anak Kelompok B3 TK Adhyaksa Banda Aceh

Mardi Fitri, 14021011 (2019) Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Menjemur Angka pada Anak Kelompok B3 TK Adhyaksa Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kemampuan Berhitung]
Preview
Text (Membahas tentang Kemampuan Berhitung)
Mardi Fitri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Kemampuan Berhitung]
Preview
Text (Membahas tentang Kemampuan Berhitung)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (320kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan selama ini tidak membuat anak menjadi lebih nyaman dalam belajar. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran hanya memfokuskan pada materi yang diajarkan, sehingga anak tidak memiliki kebebasan dalam belajar. Seharusnya pembelajaran anak usia dini harus menerapkan sistem belajar sambil bermain. Tujuannya adalah agar anak dapat menerima pembelajaran tidak melalui tekanan. Hal ini sangat cocok diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Selama ini anak masih kurang mampu dalam menghitung maupun mengenal angka-angka dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan menjemur angka pada anak kelompok B3 TK Adhyaksa Banda Aceh dan (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan menjemur angka pada anak kelompok B3 TK Adhyaksa Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru melalui kegiatan menjemur angka pada Siklus I aktivitas guru mencapai 56,7% dengan kriteria “cukup”, dan peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan menjemur angka Siklus I mencapai 59,3% kategori Berkembang Sesuai Harapan. Sedangkan Siklus II aktivitas guru mencapai 83,3% dengan kriteria “baik" dan Siklus II peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan menjemur angka mencapai 76% kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menjemur angka mampu meningkatkan aktivitas guru dan kemampuan berhitung anak melalui permainan menjemur angka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Heliati Fajriah, S.Ag., M.A; 2. Zikra Hayati, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar, Kemampuan Berhitung, Permainan Menjemur Angka
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Mardi Fitri
Date Deposited: 05 Apr 2019 08:55
Last Modified: 05 Apr 2019 08:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6785

Actions (login required)

View Item
View Item