Hubungan Self Efficacy dengan Self Directed Learning pada Mahasiswa Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Sukmaliana, 140901010 (2019) Hubungan Self Efficacy dengan Self Directed Learning pada Mahasiswa Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengetahui Hubungan antara Self Efficacy dengan Self Directed Lerning pada Mahasiswa Psikologi Uin Ar-Raniry Banda Aceh]
Preview
Text (Mengetahui Hubungan antara Self Efficacy dengan Self Directed Lerning pada Mahasiswa Psikologi Uin Ar-Raniry Banda Aceh)
SUKMALIANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Mengetahui Hubungan antara Self Efficacy dengan Self Directed Lerning pada Mahasiswa Psikologi Uin Ar-Raniry Banda Aceh]
Preview
Text (Mengetahui Hubungan antara Self Efficacy dengan Self Directed Lerning pada Mahasiswa Psikologi Uin Ar-Raniry Banda Aceh)
FORM B DAN D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (586kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan self efficacy dengan self directed learning pada mahasiswa Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Self directed learning sangat penting bagi mahasiwa yang belajar di perguruan tinggi karena proses pembelajaran di perguruan tinggi melibatkan mahasiwa sebagai orang yang aktif. Jika mahasiswa memiliki self- directed learning maka mereka tidak akan memiliki kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang belum pernah dihadapi sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik penentuan sampel yaitu probability sampling menggunakan teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 531 dengan diperoleh sampel 205 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self efficacy dengan self directed learning pada mahasiswa Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan hasil analisis berdasarkan uji korelasi Pearson dan menunjukkan bahwa nilai r=0,796 merupakan korelasi positif, p=0,000 (p<0,05). Dari hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara self efficacy dengan self directed learning pada mahasiswa Psikologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Muhammad Nasir, M.Hum 2. Rawdhah Binti Yasa, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Self Directed Learning, Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.6 Psikologi orang Dewasa
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.9 Psikologi Linkungan
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Sukmaliana Sukma
Date Deposited: 05 Apr 2019 09:14
Last Modified: 05 Apr 2019 09:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6789

Actions (login required)

View Item
View Item