Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Cahaya dan Alat Optik pada Siswa Kelas VIII MTsN Rukoh Banda Aceh

Indah Wulandari, 251222800 (2016) Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Cahaya dan Alat Optik pada Siswa Kelas VIII MTsN Rukoh Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk menigkatkan hasil belajar cahaya dan optik.)
Indah Wulandari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Berdasarakan hasil observasi di MTsN Rukoh Banda Aceh siswa kurang bergairah, kurang siap mengikuti pelajaran sehingga suasana kelas pasif. Umumnya mereka hanya mendengarkan ceramah dan menulis catatan yang diberikan oleh guru tanpa berani bertanya tentang materi yang kurang jelas. Oleh karena itu dilakukan upaya mengatasi kondisi pembelajaran tertentu, salah satu cara adalah dengan memilih pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) adalah sebuah model yang mengembangkan keaktifan siswa dalam penyelidiki permasalahan yang terkait dengan materi. Dalam prosesnya siswa dituntut untuk menilai apa yang mereka ketahui, mengidentifikan siapa yang ingin diketahui, mengumpulkan informasi dan secara kolaborasi mengevaluasi hipotesisnya berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada materi Cahaya dan Alat Optik pada siswa kelas VIII MTsN Rukoh Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Rukoh Banda Aceh. Sesuai dengan jenis penelitian ini, maka peneliti mengambil sampel 2 kelas yang kemampuannya sama yaitu kelas VIII2 dan VIII3 dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 36 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan secara random. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan statistic uji t, didapatkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) lebih tinggi dengan rata-rata 84,5 dari pada hasil belajar siswa dengan model konvesional dengan rata-rata 65,1 pada materi cahaya dan alat optik. Hasil uji statistik menunjukkan bahwat hitung> t tabelyaitu 8,4> 1,66. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanyapeningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi alat-alat optik di MTsN Rukoh Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Ida Meutiawati M.Ag; NIP. 196805181994022001 2. Fera Annisa, M. Sc; NIP. -
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Hasil Belajar, Cahaya dan Alat Optik
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2017 04:20
Last Modified: 14 Sep 2017 04:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item
TOP