Pengaruh Penggunaan Model Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik MAN 1 Aceh Selatan pada Materi Momentum dan Impuls

Nelva Rizki, 140204084 (2019) Pengaruh Penggunaan Model Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik MAN 1 Aceh Selatan pada Materi Momentum dan Impuls. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Think Pair Share (TPS)]
Preview
Text (Membahas tentang Model Think Pair Share (TPS))
Nelva Rizki.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Think Pair Share (TPS)]
Preview
Text (Membahas tentang Model Think Pair Share (TPS))
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (568kB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran fisika yang didapat oleh peserta didik masih rendah, dikarenakan pendidik masih memfokuskan pada pencatatan materi pelajaran yang dituliskan di papan tulis.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model TPS terhadap KBK peserta didik dan respon peserta didik setelah diterapkan model TPS di MAN 1 Aceh Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimen dengan Non-Equivalent Control Gruop Design yang melibatkan kelas eksperimen (XI IPA2) dan kelas kontrol (XI IPA1). Data yang dikumpulkan melalui soal tes dan lembar angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t dan data lembar angket menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil uji statistik thitung > ttabel yaitu 2,64 > 1,67 untuk taraf signifikan 95% dan Sehinggahipotesis Ho ditolakdan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model TPS terhadap KBK peserta didik, hal itu dapat dilihat dari adanya peningkatan pada kelas Eksperimen dibandingkan dengan kelas Kontrol.Respon peserta didik terhadap pelajaran fisika dengan menggunakan TPS pada materi momentum dan impuls menunjukkan hasil positif dan dapat membuat peserta didik lebih termotivasi dan semangat dalam belajar sehingga hasil belajar peserta didik lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. M.Chalis, M.Ag 2. Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS), Momentum dan Impuls, Kemampuan Berpikir Kritis (KBK)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nelva Rizki
Date Deposited: 12 Apr 2019 04:25
Last Modified: 12 Apr 2019 04:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6822

Actions (login required)

View Item
View Item