Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD untuk Menigkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Fluida Statis Kelas XI di SMAN 16 Banda Aceh

Nurul Aisa, 140204145 (2019) Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD untuk Menigkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Fluida Statis Kelas XI di SMAN 16 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar]
Preview
Text (Model Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar)
Skripsi - Nurul Aisa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Kooperatif Tipe STAD]
Preview
Text (Membahas tentang Model Kooperatif Tipe STAD)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (460kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika disebabkan salah satunya karena pembelajaran yang dilaksanakan di kelas masih berorientasi pada pendidik, sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, penulis telah melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk: 1)Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis di kelas XI SMAN 16 Banda Aceh dengan model kooperatif tipe STAD, 2) Untuk melihat aktivitas guru dan peserta didik dengan penerapan model kooperatif tipe STAD pada materi fluida statis di kelas XI SMAN 16 Banda Aceh. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen dengan Pre-test and Post-test One Group Desain. Dari data yang diperoleh melalui soal tes yang dianalisis dengan menggunakanUji N-gain,hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain yaitu 0,7 maka termasuk kategori tinggi artinya model kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar. Selain itu, melalui model kooperatif tipe STAD aktivitas peserta didik lebih meningkat dan mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis kelas XI SMAN 16 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Fitriyawany, M.Pd 2. Nurhayati, S.Si.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Fluida Statis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurul Aisa
Date Deposited: 12 Jun 2019 04:49
Last Modified: 12 Jun 2019 04:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6823

Actions (login required)

View Item
View Item