Penggunaan Media Gambar Poster untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Tema Cita-citaku di Kelas IV MIN 10 Aceh Tengah

Eva Mauliza Yuliana, 140209156 (2018) Penggunaan Media Gambar Poster untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Tema Cita-citaku di Kelas IV MIN 10 Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Gambar Poster]
Preview
Text (Membahas tentang Media Gambar Poster)
Eva Mauliza Yuliana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Media Gambar Poster]
Preview
Text (Membahas tentang Media Gambar Poster)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (706kB) | Preview

Abstract

Judul skripsi ini adalah "Penggunaan Media Gambar Poster untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi pada Tema Cita-citaku di kelas IV MIN 10 Aceh Tengah”. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran melalui penggunaan media gambar poster untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada tema “cita-citaku” di kelas IV MIN 10 Aceh Tengah, (2) Bagaimana aktivitas siswa melalui penggunaan media gambar poster untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada tema “cita-citaku” di kelas IV MIN 10 Aceh Tengah, (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkan media gambar poster dalam menulis karangan deskripsi pada tema “cita-citaku” di kelas IV MIN 10 Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVB MIN 10 Aceh Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Observasi ini digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar poster. Tes berbentuk essay digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah aktivitas guru meningkat dari 74% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II. Untuk aktivitas siswa meningkat dari 73% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II. Dan hasil belajar siswa sebesar 46,15% pada sikuls I dan meningkat menjadi 92.30% pada siklus II. Dengan demikian melalui penggunaan media gambar poster siswa lebih aktif dan kreatif, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Ridwan M.Daud, M.Ed 2. Yuni Setia Ningsih, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Poster, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eva Mauliza
Date Deposited: 12 Apr 2019 04:27
Last Modified: 12 Apr 2019 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6825

Actions (login required)

View Item
View Item