Ayu Maghfirah, 140401034 (2018) Analisis Framing Dakwah Ustaz Hanan Attaki Dan Ustaz Felix Siauw. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
AYU MAGHFIRAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
FORM B DAN D.pdf
Download (112kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini berjudul “Analisis Framing Dakwah Ustaz Hanan Attaki dan Ustaz Felix Siauw”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi atau cara Ustaz Hanan Attaki dan Ustaz Felix Siauw dalam memframing pesan dakwah melalui vidgram di Instagram; dan untuk mengetahui makna pesan dakwah Ustaz Hanan Attaki dan Ustaz Felix Siaw pada vidgram. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode framing. Yang berhubungan dengan penggunaan media sosial sebagai new media dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah kepada para pengguna akun aktif. Penelitian ini menggunakan Instagram dengan fiturnya vidgram (video instagram) sebagai sasaran penelitiannya, dengan proses pengelolaan data, menggunakan metode analisis framing untuk melihat bagaimana sebuah media dapat mengkonstruksikan pesan kepada khalayak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi serta konsep Robert N. Entman dalam menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ustaz Hanan Attaki dalam memframe pesan dakwahnya melalui video instagram menggunakan strategi pendekatan psikologis. Pemilihan isu juga dilihat dalam ranah sehari-hari yang berkaitan dengan agama Islam. Serta penyampaian pesan dakwahnya menggunakan makna konotasi dan juga denotasi sebagaimana konteks penyampaian. Kontribusi moderenisasi menjadikan dakwahnya lebih menarik dan mudah dimengerti oleh para mad’u. Sedangkan Ustaz Felix Siauw dalam memframe pesan dakwahnya lebih tegas dan lugas dengan mengedepankan isu-isu politik terkini yang berkaitan agama dalam menyebar-luaskan pesan dakwah. Sasaran dalam dakwah Ustaz Felix Siauw mengarah pada kalangan remaja beranjak dewasa atau orang dewasa. Penyampaian pesan dakwah oleh Ustaz Felix Siauw dimaknai dengan penggunaan makna denotasi yang terdapat beberapa dakwahnya juga kerap menggunakan makna konotasi. Keduanya memiliki kesamaan dalam penggunaan media instagram sebagai media berdakwah untuk menyebarkan pesan dakwah kepada para sasaran mad’u.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Dr. Hendra Syahputra, ST.,MM. 2. Syahril Furqany, S.I.Kom.,M.I.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Framing, Hanan Attaki, Felix Siauw, Dakwah, Sosial Media Instagram |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Arts, Film, Video (Fotografi, Seni komputer, Film, Video) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | ayu maghfirah salahuddin |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 08:27 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 08:27 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6828 |