Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Terbimbing pada Konsep Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX di MTsN 4 Rukoh Banda Aceh

Surianami, 140204031 (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Terbimbing pada Konsep Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX di MTsN 4 Rukoh Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran Discovery Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran Discovery Learning)
Surianami.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran Discovery Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran Discovery Learning)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (610kB) | Preview

Abstract

Pada hakikatnya pembelajaran menerapkan suatu interaksi antara guru dan siswa, sehingga dengan adanya interaksi tersebut diharapkan seseorang dapat berubah kearah yang lebih baik.Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif belajar adalah dengan cara mengupayakan suatu perbaikan pembelajaran seperti penerapan metode pembelajaran yang tepat, agar siswa dapat memahami suatu materi Fisika. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning Terbimbing pada Konsep Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX di MTsN 4 Rukoh Banda Aceh. Adapun rumusan masalah dalam tujuan ini yaitu: Apakah penerapan metode pembelajaran Discovery learning Terbimbing pada konsep Listrik Dinamis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX di MTsN 4 Rukoh Banda Aceh? Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Control Group Pre-Tes-Post-Tes Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan Purposive Sampling Sampel penelitian pada kelas eksperimen berjumlah 34 siswa yaitu kelas IX3 sedangkan untuk kelas kontrol berjumlah 34 siswa yaitu pada kelas IX5. Analisis data mengunakan statistic Uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menjadi kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen pada konsep Listrik Dinamis. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh taraf signifikan maka dari tabel distribusi t di peroleh nilai t(0,95)(66) = 1,66.Karena yaitu 2.40 > 1,66.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Khairiyah Syahabudin, MHScESL.,M.TESOL.,Ph.D 2. Juniar Afrida M.Pd
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning Terbimbing, Hasil Belajar, Listrik Dinamis.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Surianami -
Date Deposited: 12 Apr 2019 04:27
Last Modified: 12 Apr 2019 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6829

Actions (login required)

View Item
View Item