Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Gaya Berpikir Siswa terhadap Hasil Belajar pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di MAN 2 Pidie Jaya

Cut Misniyati, 140208007 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Gaya Berpikir Siswa terhadap Hasil Belajar pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di MAN 2 Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share)
Cut Misniyati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurangnya minat belajar dan perbedaan gaya berpikir siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit menjadi pemicu rendahnya hasil belajar siswa sehingga dapat mengakibatkan siswa tidak mampu mencapai tujuan pembelajaran, hal ini dibuktikan oleh perolehan nilai rata-rata siswa dibawah KKM yaitu <70. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mempermudah proses pembelajaran khususnya pada materi kimia.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan gaya berpikir siswa terhadap hasil belajar pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di MAN 2 Pidie Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, rancangan penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 dengan 24 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis uji normalitas untuk kategori gaya berpikir kritis dan gaya berpikir kreatif berturut-turut adalah 0,143 dan 0,102, nilai signifikan uji homogenitas adalah 0,945 serta nilai signifikan uji-t adalah 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan gaya berpikir kritis lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan gaya berpikir kreatif jika diajarkan dengan model kooperatif tipe think pair share pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di MAN 2 Pidie Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Azhar Amsal, M.Pd 2. Misbahul Jannah, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Gaya Berpikir, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Cut Misniyati
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:19
Last Modified: 24 Apr 2019 07:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6832

Actions (login required)

View Item
View Item