Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Penangkalan Permasalahan Sosial Siswa di Kawasan Wisata (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kota Sabang)

Helmi Parzan, 271223059 (2018) Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Penangkalan Permasalahan Sosial Siswa di Kawasan Wisata (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kota Sabang). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Guru Bimbingan Konseling)
Helmi Parzan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Guru Bimbingan Konseling)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Daerah pariwisata sangatlah rentan terhadap terjadinya permasalahan sosial khususnya di kalangan remaja yang masih menjalani pendidikan pada tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA). Perilaku-perilaku negatif yang dibawakan oleh para wisatawan dari berbagai macam etnis, suku dan bangsa yang ada didunia, tentunya akan mudah ditiru dan dipraktekan oleh para remaja. Perilaku buruk tersebut juga akan turut serta dibawa ketika mereka berada di sekolah, persoalan sosial ini salah satu tantangan bagi guru bimbingan konseling, khususnya di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Sabang. Adapun tujuan penelitian adalah : untuk mengetahui strategi guru bimbingan konseling SMA Negeri 1 Kota Sabang dalam penangkalan permasalahan sosial, untuk mengetahui strategi guru bimbingan konseling SMA Negeri 1 Kota Sabang dalam mengatasi siswa bermasalah, dan untuk mengetahui hambatan - hambatan yang dihadapi guru bimbingan konseling SMA Negeri 1 Kota Sabang dalam penangkalan permasalahan sosial. Metode penelitian yaitu menggunakan deskriptif kualitatif, dan teknik analisis data penelitian, dengan menggunakan triangulasi. Teknik pengumpulan data adalah observasi dengan cara wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, strategi guru bimbingan konseling dalam penangkalan permasalahan sosial siswa di kawasan wisata adalah dengan cara memanggil siswa yang bermasalah kedalam ruang bimbingan konseling untuk pembinaan, bimbingan dilakukan dengan cara individual, pengontrolan dan Evaluasi, jika permasalahan tidak tuntas guru bimbingan konseling menyurati orang tua/wali dan mengembalikan siswa tersebut kepada orang tua/walinya. Kedua, strategi guru bimbingan Konseling dalam penangkalan permasalahan sosial siswa di SMA Negeri 1 Kota Sabang adalah membuat pengajian rutin, memperbanyak kegiatan ekstrakurikuler, dan melakukan sosialisasi, dan ketiga, hambatan yang dihadapi guru bimbingan konseling SMA Negeri 1 Kota Sabang dalam penangkalan permasalahan sosial siswa diantaranya: masih kurangnya perhatian dari orang tua, masih kurangnya partisipasi wali kelas dalam ikut serta membimbing siswa-siswi yang bermasalah, pengaruh kemajuan teknologi (pemanfaatan kemajuan teknologi yang tidak tepat sasaran), dan pengaruh sosial budaya yang bersifat negatif yang dibawa masuk oleh para wisatawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Jamaliah Hasballah, M.A 2. Nurussalami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Siswa, Bimbingan, Konseling, dan Guru
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Helmi Parzan
Date Deposited: 08 Apr 2019 02:47
Last Modified: 08 Apr 2019 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6837

Actions (login required)

View Item View Item
TOP