Kualitas Pelayanan Kesehatan dalam Meningkatkan Kepusaan Masyarakat di Puskesmas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya

Taufik Hidayat, 140802023 (2018) Kualitas Pelayanan Kesehatan dalam Meningkatkan Kepusaan Masyarakat di Puskesmas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pelayanan Kesehatan]
Preview
Text (Membahas tentang Pelayanan Kesehatan)
Taufik Hidayat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pelayanan Kesehatan]
Preview
Text (Membahas tentang Pelayanan Kesehatan)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (836kB) | Preview

Abstract

Kesehatan merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat. Semua orang ingin hidup sehat karena kesehatan dinilai sangat berharga dan mahal. Salah satu perbaikan yang perlu ditingkatkan adalah pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan merupakan tanggung jawab serta bagian dari fungsi administrasi negara. Kualitas pelayanan di Puskesmas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya masih perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya, karena tingkat kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien merupakan suatu proses yang komplit, sehingga pada akhirnya akan menyangkut manajemen puskesmas secara keseluruhan, agar dapat terwujudnya pelayanan kesehatan yang bermutu efektif dan efisien. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model kualitatif, jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui, wawancara dan observasi langsung di lapangan, sedangkan data sekunder bersumber dari data Puskesmas meureudu Kabupaten Pidie Jaya, dokumen-dokumen, peraturan-peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan di Puskesmas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya, yang dilihat menggunakan 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan yaitu dimensi Tangibles (bukti langsung), Responsiveness (daya tanggap), Reliability (kemampuan), Assurance (jaminan), dan Emphaty (empati/peduli). Dari lima dimensi di atas sudah terdapat beberapa upaya peningkatan kualitas pelayanan yang telah dilakukan di Puskesmas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya, dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, kualitas pelayanan di Puskesmas Meureudu Kabupaten Pidie Jaya baik, namun masih terdapat sedikit kekurangan di bidang bukti fisik (tangibles) yaitu sarana seperti tempat ibadah dan sumber daya dokter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Inayatillah, M.Ag, 2. Muazzinah, B.Sc, MPA,
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Taufik Hidayat Isa
Date Deposited: 10 Apr 2019 07:44
Last Modified: 10 Apr 2019 07:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6841

Actions (login required)

View Item
View Item