Pengaruh Model Pembelajaran Teaching With Analogy (TWA) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Listrik Arus Searah di MAN 4 Aceh Besar

Zahratul Humaira, 140204113 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Teaching With Analogy (TWA) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Listrik Arus Searah di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Teaching With Analogy (TWA) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Listrik Arus Searah di MAN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Teaching With Analogy (TWA) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Listrik Arus Searah di MAN 4 Aceh Besar)
Zahratul Humaira.pdf - Published Version

Download (58MB) | Preview
[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Teaching With Analogy (TWA) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Listrik Arus Searah di MAN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Teaching With Analogy (TWA) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Listrik Arus Searah di MAN 4 Aceh Besar)
Form B.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Teaching With Analogy (TWA) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Listrik Arus Searah di MAN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Teaching With Analogy (TWA) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Listrik Arus Searah di MAN 4 Aceh Besar)
Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara guru fisika kelas XII IPA di MAN 4 Aceh Besar, menunjukkan bahwa salah satu sumber kesulitan dalam pengajaran fisika dikarenakan kurangnya penerapan model yang sesuai terhadap materi yang diajarkan, sehingga kurangnya pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui adanya pengaruh model TWA terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model TWA. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dengan Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas XII IPA MAN 4 Aceh Besar. Sampel penelitian diambil dari populasi sebanyak dua kelas yaitu XII IPA₂ berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol, dan kelas XII IPA₃ berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui Teknik Purposive Sampling dengan menggunakan instrumen soal tes, dan angket respon peserta didik terhadap model TWA. Data hasil tes dianalisis menggunakan rumus uji t, dan N-Gain, sedangkan hasil angket respon peserta didik terhadap model TWA di analisis menggunakan persentase. Hasil rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,596 yaitu lebih tinggi dari pada skor rata-rata N-Gain pada kelas kontrol yang hanya bernilai 0,353. Pada hasil uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,08 > 1,69, hal ini diperkuat dengan nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak menerapkan model TWA diperoleh nilai pre-test adalah 24,96 dan post-test adalah 55,73, kemudian ketika menerapkan model pembelajaran TWA dikelas eksperimen meningkat menjadi pre-test adalah 28,82 dan post-test bernilai 75,4. Hasil persentase respon peserta didik pada pernyataan yang menyatakan kriteria sangat tertarik terhadap model TWA adalah bernilai 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Mursal, M. Si 2. Arusman, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TWA, Hasil Belajar Peserta Didik, dan Materi Listrik Arus Searah
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Zahratul Humaira Zahra
Date Deposited: 22 Apr 2019 01:59
Last Modified: 22 Apr 2019 01:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6842

Actions (login required)

View Item
View Item