PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI MAN 4 ACEH BESAR

Firnanda Ramadhan Gea, 140204035 (2019) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS XI MAN 4 ACEH BESAR. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran CTL)
Firnanda Ramadhan Gea.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan form D.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pada pembelajaran Fisika khususnya materi Fluida Statis di MAN 4 Aceh Besar, didapat masalah bahwa siswa sangat sulit untuk memahami materi Fluida statis, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yaitu nilai ulangan siswa hanya beberapa yang lulus dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai KKM-nya adalah 80. Selain itu model pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran belum sesuai. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Statis di kelas XI MAN 4 Aceh Besar? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif dan desain penelitian Quasi Experiment, Non-Equivalent control group design yang melibatkan kelas kontrol XI IPA1 yang berjumlah 30 siswa/i dan kelas eksperimen XI IPA2 yang berjumlah 30 siswa/i. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa yaitu 9,02 > 1,67 untuk taraf signifikan 95% dan Sehingga hipotesis Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa di kelas XI MAN 4 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Soewarno S, M.Si 2. Juniar Afrida, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Quasy Experiment, Saintifik, Contextual Teaching And Learning (CTL), hasil belajar, hipotesis.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Firnanda Ramadhan Gea
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:12
Last Modified: 09 Apr 2019 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6875

Actions (login required)

View Item View Item
TOP