Penggunaan Media Animasi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII Di MTsN 3 Pidie Jaya

Hayatun Nufus, 281324941 (2018) Penggunaan Media Animasi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII Di MTsN 3 Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Media Animasi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII Di MTsN 3 Pidie Jaya.pdf]
Preview
Text
Penggunaan Media Animasi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII Di MTsN 3 Pidie Jaya.pdf

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (925kB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa di MTsN 3 Pidie Jaya pada materi sistem pernapasan manusia masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor, salah satu faktor adalah kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. media yang dapat digunakanadalah media animasi. Tujuan dari penenlitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswadengan penggunaan media animasidan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII di MTsN 3 Pidie Jaya yang dibelajarkan dengan menggunakan media animasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Designdengan seluruh populasi siswa VIII MTsN 3 Pidie Jaya, sedangkan untuk tehnik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIIIA berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIC berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Teknik analisis pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa aktivitas belajar kelas eksperimen termasuk dalam kategori aktif dengan persentase 63,75% dan kelas kontrol termasuk kategori aktif 70,93%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol dengan nilai pre-test 45,95 nilai post-test 62,38 sedangkan siswa kelas eksperimen dengan nilai pre-test 30,32 nilai 79,29, dimana hasil belajar siswa eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, terbukti bahwa thitung>ttabelyaitu 7,98 > 1,68.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Nurasiah, M.Pd 2. Lina Rahmawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Aktivitas, Hasil Belajar, Materi Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Hayatun Nufus Nufus
Date Deposited: 09 Apr 2019 08:17
Last Modified: 09 Apr 2019 08:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6908

Actions (login required)

View Item
View Item