Penerapan Model PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Vektor di SMAN 5 Banda Aceh

Rinni Febriani, 140204100 (2018) Penerapan Model PAKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Vektor di SMAN 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Rinni Febriani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (48kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi vektor menjadi pemicu penyebab peserta didik tidak mencapai nilai sesuai KKM sehingga mengakibatkan peserta didik tidak mampu mencapai tujuan pembelajaran. Beberapa faktor kemungkinan penyebabnya adalah pertama pembelajaran fisika dianggap menjemukan karena terlalu banyak penyajian teori. Kedua, penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan langkah-langkahnya. Ketiga, peserta didik masih belum maksimal dalam melaksanakan proses pembelajaran, seperti kurangnya praktikum atau percobaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakah Model PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAN 5 Banda Aceh?. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan design penelitian Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan kelas X.MIPA.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.MIPA.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes yang dianalisis melalui statistik uji-t dan uji N-Gain, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t_(hitung )>t_(tabel ) yaitu 3,93 > 1,68 dan Geksperimen > Gkontrol yaitu 0,71>0,51 dengan kategori tinggi pada kelas eksperimen dan sedang pada kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa Model PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi vektor kelas X di SMAN 5 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Soewarno, S., M.Si; 2. Nurhayati, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Model PAKEM, Hasil Belajar, Materi Vektor
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rinni Febriani
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:58
Last Modified: 16 Apr 2019 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6923

Actions (login required)

View Item
View Item