Pengelolaan Lingkungan dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak di MIN 20 Aceh Besar

Aris Munandar, 140206008 (2019) Pengelolaan Lingkungan dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak di MIN 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan lingkungan sekolah merupakan suatu faktor penting yang harus dilaksanakan oleh setiap lembaga pendidikan. Lingkungan sekolah dapat diartikan sebagai jumlah semua benda hidup dan mati serta seluruh kondisi yang ada didalam lembaga pendidikan untuk membantu siswa mengembangkan potensinya dengan program pendidikan untuk membantu siswamengembangkan potensinya dengan dibiasakan nilai-nilai tata tertib sekolah serta nilai-nilai kegiatan pembelajaran berbagai bidang studi. Lingkungan sekolah memegang peranan penting bagi perkembangan belajar para siswanya serta menjadi indikator dalam terlaksananya program Sekolah Ramah Anak. Tujuan penelitian skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengelolaan lingkungan dalam menciptakan sekolah ramah anak di MIN 20 Tungkop Aceh Besar, 2) Untuk mengetahui kendala pengelolaan lingkungan dalam menciptakan Sekolah Ramah Anak di MIN 20 Tungkop Aceh Besar dan 3) Untuk mengetahui solusi terhadap kendala yang dihadapi dalam pengelolaan lingkungan Sekolah Ramah Anak di MIN 20 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dianalisa dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan satu orang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pengelolaan lingkungan dalam menciptakan Sekolah Ramah Anak, meliputi 1) pengelolaan lingkungan fisik sekolah, 2) pengelolaan lingkungan sosial sekolah, 3) pengelolaan lingkungan akademis sekolah, dan 4) pengelolaan lingkungan spiritual sekolah. Kedua, Kendala dalam pengelolaan lingkungan untuk menciptakan Sekolah Ramah Anak, meliputi 1) kurangnya fasilitas jamban untuk siswa, 2) keterbatasan ruang kelas yang menyebabkan ROMBEL pada setiap kelas melebihi standar kapasitas. Ketiga, Solusi terhadap kendala yang dihadapi dalam pengelolaan lingkungan Sekolah Ramah Anak, meliputi 1) mengajukan permohonan bantuan dana ke kantor Dinas Pendidikan Aceh Besar dan pihak alumni, 2) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk terus meningkatkan standarisasi sekolah sehat dan Sekolah Ramah Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 140206008 Aris Munandar
Date Deposited: 09 Apr 2019 08:32
Last Modified: 09 Apr 2019 08:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6925

Available Versions of this Item

  • Pengelolaan Lingkungan dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak di MIN 20 Aceh Besar. (deposited 09 Apr 2019 08:32) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item
TOP