Sulsila Marna, 140204045 (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Konsep Fluida Statis di Madrasah Aliyah Negeri Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Pdf Gabung.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB) | Preview
FORM B DAN FORM D. pdf.pdf
Download (576kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran fisika materi fluida statis. Salah satu penyebab rendahnya keterampilan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika disebabkan oleh masih banyaknya siswa yang tidak menyukai pembelajaran fisika. Dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih menoton.Hal ini dapat membuat siswa merasa bingung dan bosan. Oleh karena itu upaya meningkatkan hasil belajar siswa maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pngaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di MAN Aceh Barat Daya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequeivalent control group desain. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling yaitu kelas XI MIA1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 25 siswa. Data yang diperoleh melalui soal tes yang dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, hal ini dikarenakan nilai thitung > ttabel yaitu 1,70 > 1,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Snowball Throwing berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di MAN Aceh Barat Daya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Yusran, S.Pd., M.Pd 2. Nurhayati, S.Si., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Snowball throwing, hasil belajar Siswa |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sulsila Marna Marna |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 07:59 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 07:59 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6967 |