Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh dengan Menggunakan Media Realia pada Materi Ketergantungan Manusia dan Hewan pada Tumbuhan Hijau sebagai Sumber Makanan

Nazia Isnaini, 201121717 (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh dengan Menggunakan Media Realia pada Materi Ketergantungan Manusia dan Hewan pada Tumbuhan Hijau sebagai Sumber Makanan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahasa tentang alat penyampaian informasi yang berupa benda atau obyek yang sebenarnya atau asli dan tidak mengalami perubahan yang berarti]
Preview
Text (Membahasa tentang alat penyampaian informasi yang berupa benda atau obyek yang sebenarnya atau asli dan tidak mengalami perubahan yang berarti)
Nazia Isnaini.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tercapainya keberhasilan siswa dalam pembelajaran sangat dipengaruhi oleh media yang digunakan guru. Bila Pembelajaran tidak diiringi dengan suatu media yang sesuai dengan materi pelajaran, maka siswa tidak bersemangat belajar dan malas memperhatikan penjelasan guru dengan adanya media segala sesuatu yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, yang mampu menarik perhatian siswa sehingga termotivasi untuk melakukan proses pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak membosankan. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media realia yaitu suatu media yang digunakan dalam bentuk objek nyata, baik itu berupa benda, hewan, tumbuhan dan bahkan manusia sendiri, yang dapat berfungsi sebagai media dalam proses belajar mengajar. Adapun pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana (1) aktifitas guru dan siswa kelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh dalam menggunakan media realia pada materi Ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan. (2) hasil belajar siswa kelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh setelah menggunakan media realia pada materi Ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data diantaranya dengan menggunakan tes dan observasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V/a MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan tes yang diberikan setelah pembelajaran dilakukan, tes ini digunakan untuk mengukur tingkat prestasi belajar siswa.Tes yang digunakan berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 10 soal untuk setiap siklus. Observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan media realia. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada materi ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan. Siklus I 55% dengan jumlah 21 siswa yang tuntas, 45% dengan jumlah 17 siswa tidak tuntas. Kemudian hasil belajar siswa pada siklus II 97% dengan jumlah 37 siswa yang tuntas, 2,6% dengan jumlah 1 siswa tidak tuntas, dan juga bisa dilihat pada hasil observasi aktivitas guru yang mengalami peningkatan dari siklus I kesiklus II yaitu siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,28 tergolong kedalam kategori cukup dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 3,85 tergolong kedalam kategori baik. Selanjutnya hasil observasi aktivitas siswa siklus I dan siklus II yaitu siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,33 tergolong kedalam kategori cukup dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 3,86 tergolong kedalam kategori baik. Maka dapat dilihat bahwa tingkat kemampuan siswa pada materi ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media realia dapat meningkatkan keaktifitas guru dan siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs.Nurdin Manyak, M.Ag, NIP. 195711231979031005 2. Andriansyah, M. S. Ed
Uncontrolled Keywords: Pendidikan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:29
Last Modified: 24 Jul 2017 09:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item
View Item