Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Tapaktuan Pada Konsep Fluida Statis

Agil Dwi Cahyani, 140204092 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Tapaktuan Pada Konsep Fluida Statis. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Agil Dwi Cahyani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (663kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 2 Tapaktuan diperoleh permasalahan bahwa guru masih menggunakan model pembelajaran kelompok yang konvensional. Proses pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang memiliki kemampuan yang tinggi sedangkan siswa yang memiliki kemampuan rendah bersifat pasif. Untuk itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang dapat mengaktifkan seluruh siswa dalam kerja kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Tapaktuan kelas XI pada konsep Fluida Statis. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group design, dan sampel penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Tapaktuan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar berupa soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji statistik setelah digunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,81 > 1,68 maka Ha diterima, artinya hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil yang didapat setelah melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Tapaktuan Pada Konsep Fluida Statis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Ida Meutiawati, M.Pd; 2. Yeggi Darnas, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Model Pembelajaran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ms Agil dwi Cahyani
Date Deposited: 11 Apr 2019 07:13
Last Modified: 11 Apr 2019 07:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7014

Actions (login required)

View Item
View Item