Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Konstektual pada Konsep Fluida Statis di SMAN 1 Kutablang

Eva Diana, 140204078 (2018) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Konstektual pada Konsep Fluida Statis di SMAN 1 Kutablang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Eva Diana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Kutablang diperoleh permasalahan bahwa pembelajaran masih kurang efektif dan efisien. Proses pembelajaran yang berpusat pada guru dan terkesan monoton dapat membuat siswa merasa bosan, selain itu pembelajaran yang dilakukan tidak membangun pemahaman siswa, siswa lebih menghafal dari pada memahami materi, siswa juga kurang berpikir dalam menjawab pertanyaan dari guru. Untuk itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih berpikir dan membangun pemahaman sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran konstektual serta aktivitas guru dan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kutablang yang berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes tertulis dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan persentase dan analisis aktivitas guru dan siswa menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 76%, pada siklus II sebesar 80%. (2) aktivitas guru dan siswa pada siklus I sebesar 67,7% dan 62,5 %, dan pada siklus II sebesar 80% dan 76,2%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dimana kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Nurulwati, M.Pd; 2. Nurhayati, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Konstektual
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ms Eva Diana
Date Deposited: 11 Apr 2019 07:17
Last Modified: 11 Apr 2019 07:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7017

Actions (login required)

View Item
View Item