Kemampuan Guru Fisika Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada SMAN Unggul Subulussalam

Siti Nurjannah, 140204014 (2019) Kemampuan Guru Fisika Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada SMAN Unggul Subulussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of FORM B DAN D.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (598kB) | Preview
[thumbnail of Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik]
Preview
Text (Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik)
SITI NURJANNAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika salah satunya disebabkan oleh peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran serta guru belum sepenuhnya memahami dan menjalankan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran kurikulum 2013. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik maka guru harus mampu menerapkan pendekatan saintifik dalam setiap proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk(1) Mengetahui kemampuan guru fisika dalam menyusun RPP K13 (2)Mengetahui kemampuan guru fisika dalam melaksanakan pembelajaran K13 dengan menerapkan pendekatan saintifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru fisika di SMAN Unggul Subulussalam sebanyak 3 orang dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Porposive Sampling yaitu 2 orang guru fisika kelas XIPA. Data yang diperoleh melalui lembar observasi yang dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dengan melihat kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru fisika I dan II dalam menyusun RPP K13 memiliki kriteria yang sangat baik dengan skor rata-rata keseluruhan sebanyak 87,5 %. Sedangkan pada pelakasanaan pembelajaran K13 dangan menerapkan pendekatan saintifik guru fisika I memilikiskor rata-rata sebanyak 64.5% dengan katagori baik dan pada guru fisika II memliki skor rata-rata sebnyak 56.8%. Dengan demikian dapait disimpulkan bahwa guru fisika I dan II memiliki kriteria sangat baik dalam menyusun RPP K13. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran K13 memiliki kriteria baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D 2. Sri Nengsih, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru Fisika, Menerapkan Pendekatan Saintifik.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: siti Nurjannah
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:45
Last Modified: 02 Jul 2019 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7071

Actions (login required)

View Item
View Item