Mismarna, 140208001 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match dan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa di MAN 4 Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Mismarna.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (125kB) | Preview
Abstract
Kimia merupakan salah satu ilmu sains yang sangat berperan dalam kehidupan. Mempelajari ilmu kimia tentunya harus terlebih dahulu mengetahui beragam senyawa, struktur serta susunan. Namun, ketika ditinjau dari hasil belajar kimia siswa selama ini masih terus mengalami penurunan. Hal ini dapat disebabkan dari cara interaksi guru dengan siswanya yang kurang maksimal. Penelitian ini melihat hasil belajar kimia dan model pembelajaran yang digunakan dan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar pada materi tata nama senyawa di MAN 4 Pidie Jaya, untuk melihat hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki gaya belajar audio ketika dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif make a match. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre-eksperimen, sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 sebanyak 25 orang siswa dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar dan tes hasil belajar, untuk teknik analisis terhadap gaya belajar menggunakan cara persentase jumlah skor jawaban siswa pada setiap jenis gaya belajar dan menggunakan uji-t dengan SPSS versi 20 untuk uji data hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Sig sebesar 0,032 (Sig 0,032 < 0,05) maka ada pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match dan gaya belajar terhadap hasil belajar pada materi tata nama senyawa. Hasil uji-t diperoleh Sig 0.0225 (0,0225 < 0,05) maka hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar audio ketika diajarkan dengan menggunakan model kooperatif make a match. Disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi tata nama senyawa, dengan menyatakan hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar audio ketika dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif make a match pada materi tata nama senyawa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Nuralam, M.Pd 2. Teuku Badlisyah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif Make A Match, Gaya Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mismarna Mismarna |
Date Deposited: | 14 May 2019 01:56 |
Last Modified: | 14 May 2019 01:56 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7074 |