Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Elastisitas Zat Padat Kelas X di MAN 4 Aceh Besar

Indah Komala Sari Bancin, 140204180 (2019) Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Elastisitas Zat Padat Kelas X di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model pembelajaran dan Pemahaman Konsep Siswa serta Keterampilan Proses Sains Siawa]
Preview
Text (Membahas tentang Model pembelajaran dan Pemahaman Konsep Siswa serta Keterampilan Proses Sains Siawa)
Form B From D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (942kB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model pembelajaran dan Pemahaman Konsep Siswa serta Keterampilan Proses Sains Siawa]
Preview
Text (Membahas tentang Model pembelajaran dan Pemahaman Konsep Siswa serta Keterampilan Proses Sains Siawa)
SKRIPSI INDAH KOMALA SARI BANCIN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang kurang melibatkan siswa dan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran kelompok menyebabkan rendahnya pemahaman konsep dan KPS siswa itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini(1) Untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Group Investigation untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi elatisitas zat padat kelas X di MAN 4 Aceh Besar.(2) Untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Group Investigation untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi elatisitas zat padat kelas X di MAN 4 Aceh Besar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini Quasi Eksperiment Design dengan desain non equivalent control group design.Populasi penelitian adalah seluruh kelas X MIA MAN 4 Aceh Besar.Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling.Sampel dalam penelitian yaitu X MIA3 kelas eksperimen, X MIA2 kelas kontrol.Instrumen pada penelitian adalah soal tes pemahaman konsep 10 butir dan soal tes keterampilan proses sains sebanyak 10. Teknik pengumpulan data menggunakan soal Pre-test dan soal Post-test.Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji t.Hasil penelitian diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,82> 2,00. Jadi, kesimpulan pada penelitian ini yaitu: (1) Penerapan model Kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi elatisitas zat padat di MAN 4 Aceh Besar.(2) Penerapan model Kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi elatisitas zat padat di MAN 4 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Misbahul Jannah, M.Pd.,Ph.D 2. Sabaruddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses Sains
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Indah Komala Sari Bancin
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:46
Last Modified: 02 Jul 2019 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7095

Actions (login required)

View Item
View Item