Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta didik Pada Materi Pengukuran Di Kelas X SMAN Teupah Barat

Ahmad Nedis, 140204036 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta didik Pada Materi Pengukuran Di Kelas X SMAN Teupah Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Sains)
1. COVER-digabungkan-NEDIS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D - Ahmad Nedis.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (973kB) | Preview

Abstract

Kurangnya minat peserta didik untuk belajar materi pengukuran dikarenakan peserta didik lebih dituntut menghafal dari pada memahami materi sehingga mengakibatkan rendahnya Keterampilan Proses Sains peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan banyak peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Keterampilan Proses Sains peserta didik setelah menggunakan model guided discovery pada materi pengukuran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan bentuk desain non equivalen pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang dan kelas MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 24 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal essai yang dianalisis dengan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Guided discovery terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik pada materi pengukuran dengan R Square sebesar 0,051, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik pada materi pengukuran di kelas X SMAN 1 Teupah Barat pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Eng. Nur Aida, M.Si 2. Sabaruddin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery, Pengaruh, Keterampilan Proses Sains dan Pengukuran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ahmad Nedis
Date Deposited: 22 Apr 2019 08:11
Last Modified: 22 Apr 2019 08:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7110

Actions (login required)

View Item View Item
TOP