Peran Imum Mukim terhadap Pembinaan Pendangkalan Aqidah di Laweung

Syahwaluddin, 321203190 (2017) Peran Imum Mukim terhadap Pembinaan Pendangkalan Aqidah di Laweung. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang peran imum mukim.)
Syahwaluddin.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB) | Preview

Abstract

Imum Mukim sebagai kepala pemerintahan tingkat mukim berperan sebagai jembatan antara pemerintahan dengan adat yang berlaku dalam masyarakat setempat. Adat dalam masyarakat aceh juga menyangkut agama, maka dari itu, sebagai figur yang dituakan oleh masyarakat, imum mukim memiliki peran di dalam menyelesaikan persengketaan di bidang agama salah satunya mengenai fenomena aliran sesat. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah; bagaimana peran imum mukim dalam pencegahan pendangkalan aqidah dalam masyarakat dan respon masyarakat dalam pembinaan pencegahan pendangkalan aqidah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), untuk menjawab pesoalan, penelitian ini menggunakan metode deskriptis analisi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan metode tersebut, peneliti dapat mengambarkan menginterpretasikan objek dan data yang diperoleh di lapangan, kemudian mengalisanya. Setelah melakukan penelitian, peneliti menemukan fakta bahwa peran imum mukim dalam membina aqidah masyarakat selama ini bahwa tanggung jawab terhadap pembinaan aqidah masyarakat bukan merupakan tanggung jawab utamanya, dan menganggap bahwa tanggung jawab tersebut hanyalah tanggung jawab moral semata sebagai orang yang dituakan dalam masyarakat dan masyarakatpun menilai imum mukim dalam hal membina aqidah masyarakat untuk saat ini dimana dan sudah ada upaya-upaya yang dilakukan seperti himbauan kepada masyarakat menghidupkan majelis-majelis pengajian di masjid-masjid atau di gampong-gampong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Lukman Hakim, M.Ag; NIP. 1975062419999031001; 2. Muqni Affan, Lc, MA; NIP. 127603102009121003
Uncontrolled Keywords: Imum Mukim, Pembinaan, Pendangkalan Aqidah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X3 Aqaid dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Mr Syahwaluddin M.Isa
Date Deposited: 15 Sep 2017 07:45
Last Modified: 15 Sep 2017 07:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item View Item
TOP