Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas XI SMAN 1 Sawang

Selviyana, 140204044 (2019) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas XI SMAN 1 Sawang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Keterampilan Berfikir Kritis melalui Model PBL)
Selviyana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan From D.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Sawang untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learaning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada Materi pokok Suhu dan Kalor. Berdasarkan observasi terlihat proses pembelajaran masih sangat pasif, siswa tidak mampu menyelesaikan masalah-masalah dalam pembelajaran, siswa hanya menjadi penerima materi dari pengajar, sekedar mencatat dan menghafal pembelajaran, hal ini menyebabkan siswa sulit untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang penting dalam materi pelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada Materi pokok Suhu dan Kalor di SMAN 1 Sawang. (2) untuk mengetahui respon siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada Materi pokok Suhu dan Kalor di SMAN 1 Sawang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan Nonequeivalent Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling yaitu kelas XI MIA1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 25 siswa. Data yang diperoleh melalui soal tes yang dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima, hal ini dikarenakan nilai thitung> ttabel yaitu 11,64>1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada Materi pokok Suhu dan Kalor di SMAN 1 Sawang. Respon siswa terhadap pembelajaran fisika melalui model Problem Based Learning (PBL) memperlihatkan bahwa tanggapan siswa positif dengan nilai rata-rata persentase 79,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Prof. Dr. Jamaluddin Idris, M.Ed. 2. Fera Annisa, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learaning (PBL), Keterampilan berpikir kritis Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Selviyana Selvi
Date Deposited: 22 Apr 2019 03:25
Last Modified: 22 Apr 2019 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7132

Actions (login required)

View Item View Item
TOP