Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) Terhadap Hasil Belajar Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Banda Aceh

Widyamulyani, 291223313 (2016) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) Terhadap Hasil Belajar Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang pendekatan pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) terhadap hasil belajar siswa.)
Widyamulyani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Masih banyak guru yang menggunakan pendekatan ceramah dan diskusi dalam setiap pembelajaran kimia, sehingga siswa belum terarahkan untuk memahami sendiri konsep-konsep kimia yang sedang dipelajari. Pada dasarnya setiap materi pembelajaran mempunyai konsep belajar yang berbeda sehingga pendekatan pembelajaran harus disesuaikan dengan materi pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat pada materi larutan penyangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) terhadap hasil belajar pada materi larutan Penyangga kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design (one group pretest-posttest). Penelitian eksperimen ini melakukan pengukuran yaitu pre-test dan post-test. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA yang dipilih secarapurposive sampling. dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen tes dalam bentuk soal. Tes yang digunakan berbentukpilihan ganda (multiple chose) yang berkaitan dengan materi larutan penyangga sebanyak 20 soal, lembar kerja siswa (LKS), dan perangkat pembelajaran berupa rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP). Untuk melihat ketuntasan hasil belajar siswa, maka rumus yang digunakan untuk melihat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah: KS= ST/N ×100% Ketuntasan belajar secara klasikal pada tes awal siswa yaitu 4% sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada terakhir yaitu 90% berkriteria baik. Data hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dengan nilai rata-rata hasil (pre-test) adalah 47,14 sedangkan nilai rata-rata hasil (post-test) adalah 77,33. Pada uji t, hal ini terbukti pada taraf signifikan 0,05, bahwa thitung = 13,39sedangkan ttabel = 2,093. Jadi thitung > ttabel. Maka tolak H0 yaitu ada pengaruh pendekatan Sains Teknologi Masyarkat (STM) terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Banda aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Latifah Hanum, M.Si; NIP. 19680101994032002; 2. Ir. Amna Emda, M.Pd; NIP. 196807091991012002
Uncontrolled Keywords: Sains Teknologi Masyarakat, Hasil Belajar Siswa, Larutan Penyangga
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2017 09:05
Last Modified: 15 Sep 2017 09:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item
TOP