Peningkatan Keaktifan Peserta Dididk Melalui Penerapan Metode Problem Solving pada Materi Fluida Statis Kelas XI di MAN I Aceh Barat

Riska Lisanti, 140204002 (2019) Peningkatan Keaktifan Peserta Dididk Melalui Penerapan Metode Problem Solving pada Materi Fluida Statis Kelas XI di MAN I Aceh Barat. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas penerapan metode Problem Solving dalam pningktanan keaktifan siswa pada materi Fluida Statis]
Preview
Text (membahas penerapan metode Problem Solving dalam pningktanan keaktifan siswa pada materi Fluida Statis)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN FORM D.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Pendidik harus mampu memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi yang ingin diajarkan, sehingga peserta didik dapat terlibat dan aktif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang kurang mampu menunjukkan aktivitas belajar, yang diperoleh tidak mencapai target yang ditetapkan dalam memenuhi KKM (75). Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik dan respon peserta didik dengan menerapkan metode Problem Solving (Pemecahan Masalah) pada materi Fluida Statis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA 2 MAN 1 Aceh Barat tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Dengan kriteria penilaian keaktifan adalah 75%. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I sebesar 45,62% kurang aktif, siklus II sebesar 59,20% cukup aktif secara klasikal namun individual belum mencapai kriteria penilaian, siklus III sebesar 80,18% sangat aktif secara individual maupun klasikal. Respon peserta didik terhadap penggunaan metode pembelajaran Problem Solving (Pemecahan Masalah) dengan pernyataan positif setuju 47,77%, sangat setuju 50,36%, tidak setuju 1,85% terhadap pernyataan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode Problem solving dapat meningkatkan keaktifan dan peserta didik sangat tertarik pada pembelajaran dengan penerapan metode Problem Solving.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Khairiah Syahabuddin, MHSc. ESL., M. TESOL., Ph. D Pembimbing II: Sabaruddin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Problem Solving, Keaktifan, Fluida Statis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Riska Lisanti
Date Deposited: 18 Dec 2019 06:40
Last Modified: 18 Dec 2019 06:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7178

Actions (login required)

View Item
View Item