Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Gerak Lurus untuk Miningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di MAN I Pidie

Ulan Dari, 140204178 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Gerak Lurus untuk Miningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di MAN I Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Model Pembelajaran dan Berfikir Kritis Siswa)
Ulan Dari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B Form D.pdf

Download (811kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil berfikir kritis siswa khususnya pada materi gerak lurus disebabkan oleh proses belajar mengajar yang masih berpusat pada guru, guru masih menggunakan metode ceramah, siswa kurang dilibatkan dalam proses belajar mengajar, ketika guru menyampaikan materi siswa terlihat pasif, siswa hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru, dan kurangnya interaksi antara guru dan siswa, kurang dilibatkan dalam penyelidikan yang dapat melatih berfikir kritis siswa. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang tepat dan inovatif untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Berfikir Kritis Siswa Pada materi Gerak Lurus Kelas X MAN I Pidie. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes soal essay. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t dan pedoman penskoran. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel yaitu thitung = 7,76 dan ttabel= 2,00, Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dimana kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning sedangkan pada kelas kontrol diajarkan dengan metode ceramah sehingga terlihat peningkatan berfikir kritis siswa pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning membuat proses pembelajaran lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Misbahul Jannah, M. Pd, Ph.D 2. Sabaruddin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Berfikir Kritis Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ulan Dari
Date Deposited: 20 Dec 2019 08:53
Last Modified: 20 Dec 2019 08:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7181

Actions (login required)

View Item View Item
TOP